Ada banyak cara untuk mendapatkan kebahagiaan atau positivity. Salah satunya dengan menerapkan mindfulness.  Ini salah satu cara jitu mengelola stres.

Lantas apa yang dimaksud mindfulness, dan mengapa hal tersebut dapat meningkatkan positivity?

Global Centre Consulting Psychology kembali mengadakan seminar seputar dunia psikologi, yang kali ini bertajuk Easy Way Do Practice Mindfulness.  Seminar kembali diadakan di Function Room Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, pada awal April lalu.

Salah satu pembicara, Dr. Dharmawan A. Purnama, SpKJ, menjelaskan, mindfulness adalah cara yang digunakan seseorang untuk mengembangkan kesadaran akan dirinya (self awareness).

Mindfulness adalah keadaan seseorang saat memfokuskan diri, dan tidak menghakimi pikirannya dari berbagai gangguan atau masalah yang mungkin saat itu sedang dialaminya.

Terbukti, mindfulness berpengaruh terhadap tekanan darah dan sistem imun manusia. Kesadaran emosi dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, dapat meningkatkan konsentrasi seseorang, dan mampu mengontrol emosi terhadap stres.  Seseorang akan lebih merasa bahagia dan sehat jika mereka tau bagaimana memperlambat ritme hidup dan menikmati apa yang sedang dihadapinya.

Cara menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari hari adalah dengan tiada hentinya untuk menciptakan dan memperbarui ide atau kreasi baru, terbuka terhadap informasi baru, dan kemauan untuk membuka pikiran dari berbagai perspektif.

Jadi mindfulness bukan menghentikan pikiran kita bekerja, apalagi mengosongkan pikiran, namun untuk menjadikan kita aware terhadap apa yang sedang dikerjakan oleh pikiran kita sendiri, sehingga kita akan memiliki kemampuan untuk hidup dengan penuh kesadaran diri.